Peranan Teknologi Informasi Dalam Ketahanan Nasional

Belakangan ini kita banyak mendengar kemajuan di bidang informasi, telekomumikasi dan teknologi informasi yang begitu pesat yang berorientasi pada teknologi informasi. Dengan semakin gencarnya globlalisasi dunia saat ini, maka teknologi informasi juga semakin marak pada kehidupan masayarakat.

Pada era tahun 70-an seorang pakar manajemen memprediksi bahwa siapa yang menguasai sumber daya manusia dan informasi akan menguasai dunia. Hal ini dapat dibuktikan bahwa menjelang abad ke 21 negara-negara dan perusahaan-perusahaan yang unggul adalah mereka yang sejak awal sudah menerapkan teknologi informasi sebagai alat untuk berkompetisi. Teknologi informasi sudah menjadi senjata (alat) dalam proses bisnis perusahan yang dapat membuat aliran informasi berjalan secara cepat secara internal maupun eskternal.

Tanggung jawab pemakai teknologi informasi akan memberikan peran yang penting dalam memaksimalkan kinerja teknologi informasi. Peran yang dimainkan pemakai adalah tahu cara menggunakan teknologi informasi dan keterbatasannya dalam berbagai situasi, pemakai harus dapat menggunakan teknologi informasi dengan benar dan beretika sehingga tidak melanggar hak, privasi dan keberadaan orang lain, pemakai harus melindungi data dan informasi yang berada di dalam sistem komputer atau yang dikirim melalui jaringan, dari kehilangan dan kerusakan.

Namun sadarkah kita bahwa sebagian penguasaan industry teknologi informasi ini adalah pihak asing? Dari mulai proses produksi sampai distribusi dipegang oleh pihak asing. Lalu apa yang bisa kita lakukan? Kita selama ini lebih pada pengembangan. Lalu bagaimana jika suatu saat pihak asing menghentikan pasokan hasil produksinya ke dalam Negara kita? Apa kita hanya merapati nasib, tanpa ada keinginan untuk mencegah hal tersebut?

Nampaknya bangsa kita sudah mengantisipasi hal tersebut. Jika kita cermati di pasaran sudah sering kita temukan alat-alat elektronik penunjang teknologi buatan bangsa sendiri. Walaupun dengan kualitas yang belum bisa disama ratakan dengan kualitas dari bangsa asing. Namun kita patut berbangga dan menjadikan hal tersebut sebagai pemicu agar kita bisa lebih baik dari bangsa asing tersebut.Maju terus bangsa Indonesia dengan karya-karyanya. Kita buktikan kita adalah bangsa yang besar dan kita bisa melakukan yang lebih baik dari sekarang.

0 comments: